Kamis, 27 Oktober 2011

Yamaha FJR1300

Yamaha FJR1300 Police,Yang Menjadi Armada Baru Polisi Militer

17 02 2010
Well…(mengikuti gaya ngeblog oom Rudi Triatmono) setelah beberapa kali melihat sekelebat penampakan motor besar baru tunggangan anggota Polisi Militer ada beberapa motor yang terlintas di kepala ane, yaitu Honda VFR800 Interceptor, Honda ST1100 dan Yamaha FJR 1300 Police, ketiganya memiliki bentuk yang paling mendekati motor yang ane lihat, namun feeling ane cenderung mengatakan bahwa FJR1300 lah yang ane lihat. Well…lihat saja nanti mana yang benar, sementara ini ane ingin berceloteh dulu tentang Yamaha FJR1300.
Paling tidak ada beberapa pertanda bahwa motor besar keluaran Yamaha ini sudah mulai mengaspal di jalanan Jakarta dengan ditunggangi oleh anggota Polisi Militer.
Pertama..ketika ane sedang berhenti di persimpangan Kuningan arah ke Mampang dan melihat ada iring-iringan RI-1. Motor paling depan melintas cepat sekelebat yang ane kenali hanya pannier-nya saja alias box samping yang berbentuk segi enam mirip Givi V35 atau Kappa K33. Plus bentuk motor ala sport touring berfairing warna putih.
Kedua..ketika seorang kawan ane berkata bahwa sekarang motor Polisi Militer sudah menggunakan box motor yang bentuknya seperti Givi V35. Dalam kepala ane langsung membayangkan list motor besar yang dipakai oleh Polisi dan Polisi Militer dan ternyata tidak satupun yang pannier-nya berbentuk seperti Givi V35. Dari pernyataan kawan ane ini ane mulai curiga, terlebih setelah ia ane interogasi dan ternyata testimoninya mengarah ke bentuk motor sport-touring.
Ketiga..pagi ini ane berangkat ngantor dan lagi-lagi rombongan VVIP melintas di lampu merah di depan gedung Indosat arah ke bundaran HI. Entah itu RI-1 atau RI-2 yang melintas ane tak peduli, yang ane lihat adalah dua motor besar Polisi Militer yang pertama melintas disusul oleh beberapa mobil, dua Yamaha XJ900P dan Honda Goldwing GL1800. Rupanya Yamaha FJR1300 yang berada pada posisi voorrider ini sangat cepat melintas dan karena pandangan ane terhalang beberapa mobil ane tak sempat melihat secara detail. Namun dari bentuknya ane yakin itulah Yamaha FJR1300 Police.
FJR1300P di Kepolisian Denmark
Pertama kali ane melihat Yamaha FJR1300 adalah dua tahun silam ketika ane ikut dalam city riding bersama beberapa klub motor besar. Waktu itu ane tidak sadar bahwa motor yang berada di samping ane adalah FJR1300 namun begitu ane lihat logo Yamaha dan sepulang acara itu ane googling semua motor besar yang ada di acara itu barulah ane sadar betapa “seksi” motor sport touring tersebut.
FJR1300 tampak depan
Apa yang menarik dari motor yang memperoleh gelar The Best Sport Touring Bike 2009 dari majalah Motobike ini  sehingga Polisi Militer bersedia meminangnya, ane tidak tahu pasti, namun dari motor-motor besar lansiran yang telah dipinang oleh Polisi Militer sebelumnya seperti motor di foto berikut:
Harley Davidson Electra Police
Suzuki GSX750 Police
Yamaha XJ900 Police (Diversion)
Honda GL1800 Goldwing
BMW K1100 LT
Paling tidak FJR1300 memiliki kriteria yang dicari oleh Polisi Militer yaitu torsi yang besar, gesit, lincah dan mudah perawatannya. Menilik motor Yamaha sebelumnya yaitu XJ900 Police yang sudah dimiliki oleh Polisi dan Polisi Militer sejak lebih dari tujuh tahun silam, maka FJR1300 memiliki beberapa kemiripan dengan XJ900 Police seperti mesin 4 silinder berkonfigurasi inline (segaris), suspensi monoshock dan final drive menggunakan shaft.
Shaft Drive pada FJR1300
Shaft Drive pada FJR1300
Keistimewaan motor bersilinder inline four ini terletak pada sistem transmisi 5 kecepatan yang memakai semi-automatic transmission bernama YCC-S (Yamaha Chip Controlled-Shift). Perpindahan gear menggunakan mekanisme yang dapat digerakkan dengan jempol seperti pada mountain bike dengan penyesuaian timing pembakaran yang dikontrol oleh ECU. Tuas pemindah gear di  footstep kiri tetap dapat dipakai secara simultan dan uniknya posisi netral berada di posisi paling bawah. Keunikan yang lain adalah windshield-nya yang dapat diatur posisinya melalui tombol pada stang.  Windshield ini akan kembali ke posisi semula saat mesin motor dimatikan.
Mesin Inline Four Yamaha FJR1300
Spesifikasi Yamaha FJR1300
Well..jika tebakan ane benar, dengan segala feature-nya yang mengesankan, ane ikut berbangga atas kehadiran Yamaha FJR1300 Police di jajaran armada motor besar Polisi Militer Indonesia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar